23/08/2019

Business Intelligence & Analytics Software

Business Intelligence (atau dalam tatanan Bahasa Indonesia bisa diartikan Kecerdasan Bisnis secara umum dikenal dengan istilah BI) diartikan secara umum sebagai suatu kumpulan teori, metode, proses, arsitektur dan teknologi yang mengubah knowledge menjadi informasi yang bermanfaat dan berarti untuk kepentingan bisnis. Menurut Connolly & Begg (2010:1197), Data Warehouse adalah suatu kumpulan data yang bersifat subject-oriented, built-in, time variant, dan non-risky dalam mendukung proses pengambilan sebuah keputusan. Today’s companies need real time business intelligence software that captures, processes and analyses info from all events and transactions, throughout capabilities, departments and organizations. Menggunakan Extract,Transform and Load (ETL) yang berasal dari sumber yang berbeda disimpan didalam database untuk membantu business intelligence melakukan analisis.

Bob berkesimpulan bahwa saat melaksanakan sesuatu pikiran kita berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, apa yang ada pada diri kita adalah pengembangan dari apa yang telah kita lakukan. Selain itu dengan menggunakan KPI, perusahaan juga dapat menerapkan Business Intelligence, yang dapat dengan mudah menunjukan pencapaian KPI suatu organisasi dengan lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat. Business Intelligence memiliki sambungan langsung ke Data Warehouse, hal tersebut saja sudah menjawab dua hal yaitu accessibility dan timeliness.business intelligence

Proses ETL ini adalah proses yang paling rumit dari seluruh proyek pendukung kebutuhan BI. Kualitas yang buruk dari sumber data biasanya memerlukan banyak waktu untuk menjalankan transformasi dan program pembersihan. Cara yang paling sederhana adalah menyajikan data warehouse pada rentang waktu tertentu, misalnya antara 5 sampai 10 tahun ke depan. Menurut Inmon (2002) yang dikutip oleh Niu (2009), pada umumnya sistem business intelligence terdiri dari empat degree komponen dan modul manajemen metadata.

Sampai dengan saat ini, untuk menghindari Data Repetition di ROLAP dengan akses data langsung ke DWH, cara yang saya gunakan adalah dengan menggunakan Normalized Table dengan bentuk 3-NF. Although the instruments do exist to help with this, many organisations solely handle what they can measure which can not give the enterprise value. G. Responsiveness Sifat BI lain yang tidak dimiliki oleh ERP adalah dalam hal kecepatan (responsiveness). It is due to the effort being made by these consultants that you can now find one single application to deal with all what you are promoting needs.

Business Intelligence (BI) merupakan representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap data untuk membantu user dalam suatu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik (Nirwasita,2008). This, together with a trend of embedding analytics into enterprise processes, will drive further funding in BI.business intelligencebusiness intelligence