BUSINESS INTELLIGENCE PADA PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk

Analisis knowledge telah menjadi kebutuhan important untuk meningkatkan daya saing sebuah organisasi bisnis. However, a senior manager who has the difficulty of change management and of controlling that source code will prefer to centralize it and have it in a tool to make it extra manageable. So, do not overlook the importance of such software and begin using one based on the scale of your business enterprise. These retail enterprise intelligence programs vary from very inexpensive to very costly.business intelligencebusiness intelligence

Proses ETL ini adalah proses yang paling rumit dari seluruh proyek pendukung kebutuhan BI. Kualitas yang buruk dari sumber knowledge biasanya memerlukan banyak waktu untuk menjalankan transformasi dan program pembersihan. Cara yang paling sederhana adalah menyajikan knowledge warehouse pada rentang waktu tertentu, misalnya antara 5 sampai 10 tahun ke depan. Menurut Inmon (2002) yang dikutip oleh Niu (2009), pada umumnya sistem enterprise intelligence terdiri dari empat degree komponen dan modul manajemen metadata.

Berdasarkan pendapat ahli diatas, menurut pendapat saya Business Intellegence adalah sebuah proses memanipulasi knowledge baik berupa mengumpulkan, menyimpan, menganalisis dan meringkas information baik dari intern perusahaan ataupun dari bisnis pesaing untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bagi pejabat perusahaan. Salah satu contoh pada responsiveness adalah industri kesehatan, penggunaan BI berjasa mencegah penyebaran suatu penyakit/wabah secara luas (outbreak). Selain itu informasi dapat melakukan join and combine dengan menggunakan Business Intelligence ini.business intelligence

Business Intelligence (BI) merupakan representasi dari aplikasi dan teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan menyediakan akses terhadap knowledge untuk membantu consumer dalam suatu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik (Nirwasita,2008). This, together with a trend of embedding analytics into enterprise processes, will drive further investment in BI.

Business Intelligence (atau dalam tatanan Bahasa Indonesia bisa diartikan Kecerdasan Bisnis secara umum dikenal dengan istilah BI) diartikan secara umum sebagai suatu kumpulan teori, metode, proses, arsitektur dan teknologi yang mengubah information menjadi informasi yang bermanfaat dan berarti untuk kepentingan bisnis. ERP and Business Intelligence Innovations :Until lately it has been quite tough to search out an enterprise large, full scale ERP business intelligence (BI) resolution or software program utility that was each effective and inexpensive.